STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA SAING PRODUKSI KOPI LAMPUNG

Ananda Leonard

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan rumusan strategi terbik dalam pengembangan produsi kopi lampung sebagai bahan baku bagi industri produsen kopi. Kopi merupakan suatu komoditi lokal lampung yang sudah mendunia, hal ini ditunjukkan dengan adanya indikasi geografis yang terdaftar dengan nomor IDG 0ss00000026, namun kopi lampung, terus mengalami penurunan, dimana hingga tahun 2019 tercatat mengalami penurunan hingga 6.21% sementara lahan perkebunan mengalami penurunan sebesar 2.03%. untuk itu dirumuskan strategi berupa: meningkatkan suplai kopi untuk menjaga stabilitas harga, dan meningkatkan daya saing harga kopi domestik, membangun SDM tani yang berbasis riset dan pengembangan kopi sebagai komoditi unggulan, Peningkatan produktifitas kopi melalui penerapan teknologi dan kerjasama riset.


Teks Lengkap:

Arios


DOI: http://dx.doi.org/10.46559/tegi.v11i1.5802

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Published By :

Jurnal Majalah Teknologi (TEGI)

Balai Riset dan Standardisasi Industri Bandar Lampung,
Prov. Lampung, Indonesia Post Code 35144 Phone (0721)706353  Email: baristandlampung@gmail.com

http://ejournal.kemenperin.go.id/tegi

Stamp of Originality | Plagiarism Prevention in Publishing